Rabu, 04 Januari 2012

Cerpen Antara Dua Pilihan


Hi  semua. . . . !  Perkenalkan  nama  saya  Fakri,  lengkapnya  Fakri  Suka  Miskin.  Tapi  bukan  berarti  saya  cinta  miskin yah. . . .!  Awalnya  ayah  saya  ingin  memberikan  nama  Fakir  Suka  Miskin  kepada  saya,  dengan  harapan  akan  bernasib  sebaliknya.  Namun  ibu  saya  tidak  setuju,  karena  nama  tersebut  terlalu  tragis  menurutnya.  Akhirnya  nama  saya  menjadi  Fakri  Suka  Miskin,  perpaduan  dari  pendapat  ayah  dan  ibu  saya.  Saya  adalah  seorang  pemuda  yang  baru  akan  menginjak  bangku  SMA.  Meski  pekerjaan  orang  tua  saya  hanya  seorang  buruh  dengan  penghasilan  yang  pas-pasan,  namun  mereka  berkemauan  keras  untuk  menyekolahkan  saya  sampai  ke  perguruan tinggi.  Oleh  karena  itu  banyak  sekali  impian-impian  dan  harapan-harapan  yang  ingin  sekali  saya  raih.  Tidak  jauhlah,  impian  saya  sekarang  ini  hanyalah  membahagiakan  orang  tua  dengan  prestasi-prestasi  yang  saya  raih.  Tapi  satu  hal  yang  menjadi  prinsip  saya,  yaitu  selalu  bersikap  disiplin  dan  sopan  santun  dalam  berbagai  hal.  Ya. . . walaupun  kita  ketahui  bahwa  jarang  sekali  ada  pemuda  yang  seperti  itu  di zaman  sekarang  ini.  Namun  saya  akan  tetap  berpegang  teguh  pada  prinsip  saya  ini.  Karena  bagaimanapun  sikap  disiplin  dan  sopan  santun  ini  akan  sangat  bermanfaat  bagi  saya  dan  tentunya  orang-orang  yang  ada  disekitar  saya.  Cukup  ya  perkenalannya . . . .?
            Saat  ini  saya  bersekolah  di  SMA  Pertiwi.  Beruntung  sekali  orang  seperti  saya  bisa  bersekolah  di SMA  terfavorit  di  Bandung  ini  hanya  dengan  modal  otak  yang  pas-pasan.  Ini  adalah  pertamakalinya  saya  masuk  di  sekolah  ini.  Rasanya  seperti  berada  di  istana  kerajaan  dengan  alunan-alunan  musik  yang  merdu  sembari  mengiringi  putri-putri  kerajaan  yang  cantik  dan  rupawan.  Maklumlah  sekolah  elit,  sudah  jadi  tradisi  kalau  banyak  cewek-cewek  cantiknya.  Tapi  bukan  hanya  tampang  mereka  saja  yang  cantik,  namun  otak  mereka  pun  berisi.  Kalau  saya  boleh  ungkapkan  dengan  lagu  “sempurnaaa. . . .”  Kayak  nama  rokok  aja  “sempurna”,  okh  bukan  ya,  tapi  “sampurna”  heheheh  cuma  becanda.  Tapi. . . . . .emang  bener  sih  kalau  mereka  itu  sempurna.  Emngggg. . . .tapi. . .ya sudahlah.
Seperti  biasa  setiap  ada  peserta  didik  baru,  kakak-kakak  kelas  selalu  mengadakan  MOS  atas  persetujuan  kepala  sekolah.  Tahukan  MOS  itu  apa?  jadi  gak perlu  dijelasin dong. . !  Seperti  biasa  lagi,  MOS  itu  selalu  menyusahkan  dimulai  dari  kita,  orang tua,  sampai  orang-orang  terdekat  kita.  Namun  tak  dapat  saya  pungkiri  bahwa  kegiatan  MOS  ini  memang  seru  abis. . . . !  Sudah  hampir  satu  minggu  kegiatan  ini  dilaksanakan  dan  akan  segera  berakhir.  Sebagai  penutupnya  adalah  acara  menginap  bersama  di  sekolah.  Widih…..  acaranya  rame  banget…!  Tapi,  saking  ramenya  hingga  tidak  dapat  diingat  dan  disimpan  dalam  otak  saya.  Setelah  kegiatan  MOS,  semuanya  terasa  berakhir  sudah.  Tak  ada  lagi  canda  tawa  bersama,  tak  ada  lagi  kebersamaan,  tak  ada  lagi  kesiangan,  tak  ada  lagi  suka  duka  yang  semua  lewati  bersama.  Lupakan . . .!
Hari  ini  adalah  hari  dimana  dimulainya  kurikulum.  Rasanya  sangat  ngantuk,  apalagi  dengan  pelajaran-pelajarannya  yang  membuat  kepala  ini  semakin  berdenyut-denyut.  Tapi  walau  begitu,  saya  tetap  merasa  percaya  diri  kok,  pasalnya  waktu  di  SMP  saya  selalu  mendapat  peringkat  tiga  besar  di  kelas.  Ya….  setidaknya  itu  bisa  dijadikan  modal  untuk  saya.  Dengan  rasa  kantuk  ini,  akhirnya  saya  dapat  melewati  setiap  jam  pelajarannya  sampai  tibalah  waktu  istirahat.  Waktu  beristirahat  saya  gunakan  untuk  pergi  ke  kantin.  Saat  perjalanan  ke  kantin,  saya  bertemu  dengan  seorang  wanita  yang  cantik  luar  biasa.  Sambil  berjalan  kami  saling  memandang  dari  mata  kemata.  Dia  pun  menyapa  sambil  tersenyum  kearah  saya.
“Hi……!”  sapanya  sambil  tersenyum.
“Hallo…!”  jawab  saya  sambil  memberikan  senyuman  terindah.
Hati  saya  rasanya  jadi  cenat-cenut  setelah  kejadian  itu.  Yang  awal  mulanya  saya  malas  dan  ngantuk,  kini  berubah  jadi  semangat.
Istirahat  telah  berakhir,  saya  kembali  menuju  ke  kelas.  Saya pun  mulai  bersemangat  untuk  belajar  lagi.  Saya  berfikir  belajar  di  SMA  mungkin  akan  sama  saja  dengan  belajar  di  SMP.  Namun  pada  kenyataannya,  jauh  sekali  dengan  apa  yang  saya  pikirkan  selama  ini.  Setelah  beberapa  hari  saya  bersekolah  di  SMA,  saya  baru  merasakan  bahwa  belajar  di  SMA  sangatlah  sulit.  Dimulai  dari  pelajarannya  yang dikembangkan,  pekerjaan  rumah  yang  begitu  banyak  hingga  menumpuk,  sampai  saingan-saingannya  yang berat  dan  cukup  banyak.  Hal  itu  terus  saya  pikirkan  dan  menjadi  beban  pikiran  saya.  Tidak  terasa  akhirnya  bel  tanda  pelajaran  selesai  pun  dibunyikan.  Saya  pun  kembali  berjalan  melewati  tiap-tiap  koridor  sekolah  menuju  pulang.  Saya  merasa  kaget  sekali  karena  tiba-tiba  Cerri  teman  sekelas  saya  terpeleset  dan  jatuh  dalam  pelukan  saya.  Hembusan  nafasnya  membuat  bulu  kuduk  saya  merinding  dan  tatapan  matanya  yang  tajam,  entah  mengapa  membuat  hati  ini  jadi  tak  karuan.  Sayangnya  rasa  itu  langsung  hilang  begitu  ia  tidak  dalam  pelukan  saya  lagi  dan  mendorong  saya.  Cerri  pun  berkata  kepada  saya.
“Ih  apa-apaan  sih  loe?  Cari  kesempatan  dalam  kesempitan  aja !”  ucapnya  sambil marah.
“Eh  kamu  itu  gak  tahu  terimakasih  banget  sih.  Sudah  untung  kamu  saya  tolongin,  harusnya  kamu  tuh  berterimakasih  pada  saya  bukannya  marah-marah  gitu”  jawab  saya  tak  mau  kalah.
“Enak  banget  loe,  udah  pegang-pegang  gue,  harus  minta  maaf  pula”  jawabnya  lagi  menentang  saya.
“Ya  sudahlah  terserah  kamu.  Tapi  asal  kamu  tahu  aja  yah…!  Aku  juga  ogah  angkat-angkat  badan  kamu  yang  berat  itu”  ledek  saya  kepada  Cerri.
“Sialan  banget  sih  ini  cowok,  bikin  gue  sebel  aja”  kata  Cerri  sambil  berjalan  menjauh  dari  saya.
“Cantik-catik  kok  galak.  Mending  wanita  yang  tadi  aja,  udah  cantik,  ramah  pula.  Sayangnya  saya  lupa  tanya  namanya”  ucap  saya  dalam  hati  sembari  membayangkan  wanita  itu.
            Saya  pun  melanjutkan  perjalanan  menuju  keluar  gerbang  sekolah.  Tak  disangka-sangka  akhirnya  saya  bertemu  lagi  dengan  wanita  yang  cantik  dan  ramah  itu.  Ternyata  wanita  itu  bernama  Dewi.  Saya  mengajak  untuk  pulang  bersama  kepadanya.  Ya . . . .  walaupun  rumah  kita  itu  berbeda  arah.
Saya  pun  sampai  di  rumah.  Seperti  biasa,  sepulang  sekolah  saya  selalu  membantu  meringankan  pekerjaan  orang  tua  saya  dan  malamnya  saya  mulai  belajar.  Esoknya  saya  pergi  ke  sekolah  pagi-pagi  untuk  melaksanakan  piket  kelas.  Hari  ini  adalah  hari  dimana  nilai  IQ  setiap  siswa  akan  diberitahukan.  Ternyata  hasilnya  sangat  menyedihkan  dan  menyebalkan.  Saya  mencetak  rekor  IQ  terendah  di kelas  dan  buah  Cerri  yang  nyebelin  dan  super  duper  jutek  itu  mendapat  IQ  tertinggi  di  kelas.
“Belum  juga  kelar  masalah  pekerjaan  rumah  dan  saingan-saingan  saya,  udah  datang  lagi  masalah  ini”  ungkapku  dalam  hati.
Kalau  terus-menerus  seperti  ini,  lama-lama  saya  bisa  jadi  depresi.  Apalagi  begitu  saya  tahu  bahwa  IQ  saya  paling  rendah  diantara  teman-teman  lain.  Saya  merasa  terpukul  dengan  hal  itu  dan  saya  selalu  memikirkan  hal  itu  hingga  kepala  ini  rasanya  mau  pecah.
            Nilai  saya  kini  telah  mengalami  penurunan,  mungkin  karena  saya  terlalu  banyak  memikirkan  masalah-masalah  itu  yang  berakibat  pada  penurunan  nilai-nilai  akademik  saya.  Apalagi  akhir-akhir  ini  saya  sering  memikiran  Dewi,  wanita  yang  ramah  itu.  Karena  saya  sudah  cukup  kenal  dengan  Dewi,  jadi  tiap  hari  saya  selalu  menghampiriya  dan  memberikan  lelucon-lelucon  menarik  atau  kata-kata  mutiara  untuknya.  Rasa-rasanya  saya  ini  telah  jatuh  cinta  pada  pandangan  pertama  kepada  Dewi.  Saya  sangat  menyukai  Dewi  dan  saya  fikir  begitu  juga  yang  dirasakan  Dewi  kepada  saya.  Ya . . . .bagaimana  dia  tidak  menyukai  saya?  setiap  hari  saya suguhkan  kepadanya  hal-hal  yang  unik  dan  menarik.
            Ya. . .begitulah  saya,  orangnya  humoris,  romantis,  tapi  kadang  egois.  Kembali  kemasalah  Cerri.  Berbeda  sekali  dengan  Dewi  yang  selalu memberikan  kebahagiaan,  tapi  Cerri?  Setiap  hari  bikin  keributan.  Rasanya  tiada  henti-hentinya  pertentangan  antara  saya  dan  Cerri.  Secara  saya  sekelas  dengannya,  tiap  hari  ketemu,  ya  tiap  hari  juga  bertengar.  Namun  saya  heran,  kenapa  setiap  saya  dekat  dengan  Cerri,  ada  sesuatu  perasaan  yang  tak  dapat  saya  jelaskan.  “Apa  mungkin  karena  kejadian  waktu itu?”  fikir  saya  dalam  hati.  Dan  kenapa  saya  tidak  merasakan  hal  yang  sama  ketika  saya  dekat  dengan  Dewi,  yang  jelas-jelas  saya  sukai.  Saya  yang  suka  kepada  Dewi  hanya  berharap  Dewi  pun  akan  menyukai  saya.  Ternyata  Dewi  pun  menceritakan  bagaimana  perasaannya  kepada  saya.  Dewi  pun  sama-sama  menyukai  saya,  menyukai  ketulusan  dan  kepintaran  saya  ketika  menghiburnya.  Namun  kini  semua  masalah  tertuju  pada  saya.  Saya  harus  memilih  antara  cinta  dan  cita-cita.  Jika  saya  terus  bersama  cinta,  mungkin  ini  akan  membuat  nilai-nilai  saya  semakin  menurun.  Tapi  kalau  tidak. . . .?
            Saya  pun  menghampiri  teman  saya  dan  menceritakan  semua  masalah-masalah  saya.
“Lan,  gimana  nih  masalahku?”  tanya  saya  pada  Derlan.
“Gimana  apanya?”  ledek  Derlan.
“Ya. . .solusinya.  Pikiranku  sudah  kusut  banget  nih!”  jawab  saya.
“Kusut  mana  sama  benang  kusut?”  ledeknya  lagi.
“Akh  kamu  ini  bercanda  terus.  Aku  serius  nih”  ucap  saya  sedikit  marah.
“Aku  bahkan  dua  rius.  Heheheh.  Oke...oke.  Kalau  menurut  aku,  lebih  baik  kamu  kejar  dulu  cita-cita  kamu  sampai  kamu  sukses”  saran  Derlan.
“Benarkah?”  tanya  saya  masih  bingung.
“Ya…itu  juga  terserah  kamu.  Toh  ini  juga  masalah  kamu  kan?  Lagian  kalau  emang  jodoh  gak  bakalan  kemana  kok!”  jawabnya  meyakinkan.
            Sekarang  semua  masalah  ini  tergantung  pada pilihan  saya.  Saya  harus  memilih  satu  diantara  dua  pilihan  ini.  Dan  akhirnya  saya  lebih  memilih  saran  dari  Derlan,  untuk  mengejar  cita-cita  saya  sampai  menjadi  sukses.
            Saya  pun  mulai  mengawali  hari  saya  di  sekolah  tanpa  C.I.N.T.A.  Mulai  dari  sekarang  saya  berjanji  untuk  lebih  giat  belajar.  Tak  sia-sialah  perjuangan  saya  selama  ini,  nilai-nilai  saya  pun  mengalami  peningkatan  kembali  sampai  menuntun  saya  menuju  gerbang  kesuksesan.  Sekarang  saya  bekerja  disebuah  kantor  sebagai  asisten  manager.  Bagai  sayur  tanpa  garam,  itulah  istilah  yang  tepat  untuk  saya.  Saya  sudah  sukses,  tapi  terasa  tak  lengkap  jika  tak  didampingi  dengan  pasangan.
            Dalam  perjalanan  pulang  dari  kantor,  tiba-tiba  saya  bertemu  lagi  dengan  Cerri.  Namun  Cerri  yang  sekarang  sangat  berbeda  dengan  Cerri yang  jutek  seperti  dulu.  Sekarang  Cerri  orangnya  asik,  baik,  dan  semakin  cantik  dengan  jilbab  yang  dikenakannya.  Entah  baru  berapa  bulan  kita  bertemu  lagi,  sebuah  surat  undangan  pernikahan  pun  telah  disebar  keseluruh  penjuru.  Pada  waktu  acara  pernikahan  saya  dengan  Cerri,  datanglah  teman-teman  di  SMA  dulu  termasuk  Dewi.  Setelah  bersalaman  dengan  saya,  Dewi  pun  menuju  ke  taman  belakang  sambil  menangis.  Saya  menghampirinya  dan  bertanya.
“Kamu  kenapa  menangis  wi?  Apa  kamu….?”
“Aku….aku…selama  ini  aku  masih  nungguin  kamu  Fakri”  jawab  Dewi.
“Apa?  Tapi  gimana  wi,  nasi  sudah  jadi  bubur.  Kamu  jangan  sedih  ya  wi,  aku  yakin  kamu  pasti  akan  mendapatkan  orang  yang  jauh  lebih  baik  dari  aku”  hibur  saya.
“Iya.  Makasih  ya  kamu  sudah  menghibur  aku”  ucap  Dewi.
“Tenang  aja,  jodoh  pasti  akan  datang  dengan  sendirinya  kok!”  hibur  saya  lagi.
Dewi  pun  tersenyum  dan  menghapus  air  matanya.  Dan  sekarang  saya  dan  Cerri  adalah  pasangan  yang  berbahagia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar