Rabu, 04 Januari 2012

Search Engine







Dari sekian banyak web browser yang ada saat ini, bisa dikatakan browser FirefoxInternet ExplorerGoogle Chrome dan Opera adalah browser yang paling banyak digunakan. Berdasarkan pengalaman pribadi sebagai seorang user, maka saya mencoba mereview keunggulan dan kekurangan masing-masing browser ini.Perbandingan browser ini hanyalah pendapat orang awam sebagai pengguna, jadi ini bukan pendapat webmaster.
Kelebihan dan Kekurangan Firefox

(+) Kelebihan:
  • Banyak fitur tambahan (add ons), ibarat kepingan puzzle, add ons ini bisa dibongkar pasang sesuai dengan kebutuhan user
  • Bandel, cocok untuk membuka situs-situs multimedia
  • Updatenya mudah
  • Sistem security kuat
  • Hemat resource memory
(-) Kekurangan:
  • Loading lama saat mulai start, apalagi jika banyak adds-on yang terinstall
Membuka situs-situs multimedia seperti Youtube dan Metacafe memang lebih cocok memakaiFirefox. Download managernya juga lebih oke karena masih bekerja ketika browser ditutup.
Kelebihan dan Kekurangan Internet Explorer
(+) Kelebihan:
  • Menyediakan add ons, walaupun tidak sebanyak Firefox
  • Khusus IE8, tampilannya lebih elegan dan menarik
  • Bagi pengguna Windows Live maka akan di manjakan dengan tab bookmark yang terhubung ke fitur-fitur milik Windows Live
(-) Kekurangan:
  • Gagal membaca script dibeberapa halaman situs (khususnya CSS)
  • Berat saat awal start dan saat membuka tab baru
Menurut saya browser ini kurang bandel. Saya jarang (baca:takut) menggunakan IE8 karena pernah terserang virus saat browsing menggunakan browser ini. IE sebagai penguasa pasar web browser memang menjadi target utama serangan para hacker

Kelebihan dan Kekurangan 
Google Chrome

(+) Kelebihan:
  • Ringan dan gesit, termasuk ketika start pertama kali dan berpindah tab
  • Desainnya simpel dan minimalis
  • Updatenya mudah
  • Sistem security kuat, saat ini menjadi browser yang paling tahan terhadap serangan hacker
(-) Kekurangan:
  • Statis, fiturnya kurang banyak
Menurut saya Chrome lebih cocok untuk membuka situs-situs berita seperti eramuslim.com,detik.comokezone.com dan situs-situs portal sejenis. Biasanya situs-situs tersebut lebih banyak content teksnya dibandingkan content multimedia, sehingga aksesnya mudah dan lebih cepat.
Kelebihan dan Kekurangan Opera

(+) Kelebihan:
  • Ringan dan cepat
  • Memiliki email client dan rss sendiri, jadi Anda tidak perlu memakai email client lain seperti Outlook, Thunderbird dan lainnya
  • Pemanggilan kembali Cache cepat
  • Fitur mouse gestures, membuat browsing experience semakin asyik
  • Opera 10 memiliki fitur Turbo yang mampu mengkompres halaman saat koneksi lambat
(-) Kekurangan:
  • Agak lambat dalam membaca script pada beberapa halaman situs
Kesimpulan:
Untuk download direkomendasi pakai Firefox. Lebih oke dan terintegrasi dengan IDM (Internet Download Manager). Selain itu, firefox juga cocok untuk PC dengan memory resource yang kecil. Karena browser ini hemat dalam penggunaan memory.
Untuk browsing, pakai Opera atau Firefox. Tapi menurut saya, caches system-nya Opera terbaik dari ketiga browser diatas, jadi jika ada halaman web yang sudah pernah Anda kunjungi, maka Opera akan terbuka lebih cepat. Opera juga cocok jika anda berinternet menggunakan kuota/bandwitdh. Jika koneksi internet lambat, Opera bisa mengkompres halaman web dengan mengaktifkan fitur "Turbo", sehingga halaman web bisa terbuka lebih cepat dan hemat.
Untuk pengalaman web browsing yang berbeda, gunakan Google Chrome.
Jika Anda banyak menggunakan layanan dari Microsoft, Windows Live, Hotmail dan MSN, gunakan IE8 karena sangat integrated dengan browser ini
Fungsi dan Macam-macam Search Engine Dunia
Search engine adalah sebuah database elektronis yang berisi jutaan hingga miliaran alamat-alamat situs dan informasi yang berserakan di jagad Internet ini.
Cara penggunaan search engine adalah dengan mengetikkan kata kunci (keyword) yang hendak dicari dan setelah itu akan ditampilkan sejumlah link yang akan mengarahkan kita kepada situs atau informasi yang ada relevansinya dengan keyword yang kita masukkan.
Dari sekian banyak pilihan search engine di Internet, berdasarkan hasil riset situs situs Searchenginesshowdown.com pada awal Maret 2002, terdapat tiga besar situs search engine yang tengah bersaing menduduki posisi teratas berdasarkan kriteria jumlah ketersediaan informasi, keunikan (ketidak-samaan) informasi yang tersedia di dalam database dan jumlah aktifitas peng-klik-an link informasi oleh pengguna dari yang ditawarkan oleh masing-masing search engine.
Kedudukan tiga besar tersebut sementara ini , dipegang oleh situs Google.com pada posisi pertama, posisi kedua oleh situs Wisenut.com dan ketiga adalah situs Alltheweb.com
Jadi, fungsi search engine adalah untuk mencari alamat-alamat website yang berisi berbagai bentuk informasi seperti tulisan, gambar, video, dsb. dengan mudah dan cepat.
IE (Internet Explorer)
IE merupakan web browser bawaan dari sistem operasi Microsoft Windows, Ia tersedia untuk banyak versi Microsoft Windows, namun Microsoft telah berhenti mengeluarkan versi mutakhir untuk semua platform kecuali Windows XP. Untuk beberapa waktu lamanya, Microsoft juga mengeluarkan Internet Explorer untuk Mac (yang berdasarkan mesin pengarsir yang berbeda) dan versi-versi untuk penggunaan melalui X Window System pada Solaris dan HP-UX, tetapi kini mereka sudah tidak dikembangkan.
IE memiliki keunggulan dalam hal kestabilan konektivitas, support untuk kegiatan apapun dan jarang mengalami error, serta jika dalam akses internet menggunakan limited bandwith dan tanpa mengaktifkan show image, IE lebih bisa memberikan tool-tool yang tidak diperlihatkan oleh web browser lain. Windows XP Service Pack 2 keluaran Microsoft beberapa lama ini juga menambah beberapa fitur keamanan penting pada Internet Explorer, termasuk firewall Windows yang sudah dimutakhirkan dan pemblokir pop-up. Ini dilakukan untuk meredam kekhawatiran mengenai spyware yang telah menyerang Explorer dengan berat. Microsoft menganjurkan para pengguna untuk memutakhirkan Microsoft Windows (melalui Windows Update) secara berkala. Microsoft secara berkala mengeluarkan patch keamanan yang bisa diunduh secara otomatis dan dipasang untuk memutakhirkan penjelajah web-nya. IE juga kompatible dengan bahasa pemrograman web seperti ASP, JAVA, PHP, dan Javascript.
Disamping keunggulannya, Internet Explorer juga memiliki beberapa kekurangan/ kelemahan, diantaranya dalam hal download, surfing, browsing dan upload dapat dikatakan lambat tetapi bagi mereka/user yang sangat mengandalkan kestabilan dan supported, browser ini bisa dijadikan pilihan utama.
 
Netscape Navigator

Netscape Navigator merupakan salah satu web browser yang sering digunakan dan cukup terkenal pada tahun 1900 an, web browser ini pun sampai sekarang masih digunakan hanya saja kalah penggunanya dengan IE ataupun Mozilla Firefox. Netscape Navigator merupakan browser yang dibuat dari basis kode sumber Mosaic Web Browser dari National Center for Supercomputing Applications (NCSA), karena memang pembuat NCSA (Marc Andressen) adalah pendiri Netscape Corporation.
Pada zamannya, Netscape Navigator banyak digunakan oleh pengguna karena memang lebih baik dibandingkan dengan beberapa web browser berbasis grafis yang lainnya saat itu. Netscape Navigator tersedia dalam platform Windows 16-bit (Win16), Windows 32-bit (Win32), UNIX, serta Macintosh. Tetapi Kini, AOL (America Online) selaku pemilik Netscape Navigator, telah memutuskan untuk menghentikan support-nya terhadap browser tersebut sejak 1 Februari 2008. Sejak saat itu, tidak ada lagi pengembangan browser Netscape, begitu juga dukungan update untuk Netscape Navigator 9 dan versi-versi sebelumnya. Meskipun begitu, akses download versi yang pernah dirilis masih akan disediakan, begitu juga dengan Netscape.com yang akan tetap ada sebagai website portal internet. Selanjutnya pengguna yang ada saat disini direkomendasikan untuk beralih ke Mozilla Firefox.
Netscape Navigator sangat kompatibel dengan sistem operasi UNIX dan Mac OS, Web browser ini juga support dengan JavaScript web programming karena memang Javascript diperkenalkan pertama kali oleh Netscape pada tahun 1995. Pada awalnya bahasa yang sekarang disebut JavaScript ini dulunya dinamai “LiveScript” yang berfungsi sebagai bahasa sederhana untuk browser Netscape Navigator 2 yang sangat populer pada saat itu. Kemudian sejalan dengan giatnya kerjasama antara Netscape dan Sun (pengembang bahasa pemrograman “Java”) pada masa itu, maka Netscape memberikan nama “JavaScript” kepada bahasa tersebut pada tanggal 4 desember 1995.
Netscape Navigator merupakan web browser yang stabil jika digunakan untuk surfing, browsing, upload dan download, hanya saja secara GUI (Graphical User Interface) web browser ini kurang bagus (kasar). Netscape Navigator merupakan web browser yang dikomersilkan pada saat itu, web browser ini mulai mengalami kehilangan peminat/penggunanya pada saat IE mulai terpasang secara default ketika menginstall Microsoft Windows.
Mozilla Firefox

Popularitas browser yang satu
ini semakin menanjak merebut hati para penggunanya di seluruh dunia. Setiap tahun selalu ditingkatkan performance mulai dari sisi keamanan, sisi tampilan juga kecepatan. Web browser yang lebih kompatibel dengan Sistem Operasi Linux ini (walaupun kompatibel juga dengan Windows ataupun Mac OS) memiliki beberapa keunggulan dan fitur menarik yang tidak dimiliki oleh browser lain, antara lain pada sisi tampilan yang dapat dirubah oleh pemakai sesuai selera dengan mendownload skin untuk Firefox. Kemudian dari sisi kecepatan, browser ini memiliki kecepatan lebih baik dibandingkan browser yang lebih dahulu terkenal. Fitur lain adalah download manager yang sudah terintegrasi di dalamnya yang mengijinkan pengguna untuk melakukan resume dan suspend proses download. Juga kemampuan untuk menjangkau sebuah site yang tidak dapat dibuka oleh browser lainnya.
Kemudahan berselancar dengan tab akan membuat browsing lebih cepat dan praktis.yang memungkinkan Anda dapat terus membaca suatu halaman ketika halaman lain sedang diload. Browser yang mampu membuat rekor dunia karena jumlah Mozilla Firefox download mencapai yang terbanyak ini dapat menghentikan iklan popup yang mengganggu saat berselancar. Ketika sebuah situs mencoba membuka popup, Firefox mengijinkan user untuk mengendalikannya adalah suatu kelebihan browser yang semakin tahun popular ini. Dari sisi keamanan, web browser ini juga mampu mencegah phising.
Tetapi walaupun demikian Web browser yang kompatibel dengan beberapa web programming seperti JavaScript, PHP, Java, Perl dan Phyton ini juga masih mempunyai beberapa kekurangan/kelemahan, diantaranya Waktu proses halaman situs tertentu lebih lambat, diperkirakan karena masalah kompatibilitas atau kesesuaian antara pengkodean halaman situs dengan browser Mozilla Firefox, Web browser ini juga tidak terintegrasi dengan Outlook maupun Outlook Express, beberapa fasilitas e-mail tidak bekerja dengan baik, seperti melihat e-mail HTML maupun membuka link langsung dari e-mail di Outlook, Mozilla juga tidak mendukung sinkronisasi dengan PocketPC Windows dan sinkronisasi USB-cradle, misalnya untuk men-download web calendar.
Google Crhoome
Google Chrome adalah sebuah Web Browser yg dibuat oleh Google, hal mendasar yang dilakukan oleh Google adalah menggunakan JavaScript sebagai fokus dari pembuatan script kode Chrome. Google Chrome adalah browser yang menggabungkan desain minimal dengan teknologi canggih agar Web dapat diakses dengan lebih cepat, aman, dan mudah. Interfacenya juga bisa dibilang sangat bagus, simpel dan elegant. Peletakan tabs juga sangat efisien sehingga memberikan ruang baca lebih untuk penggunanya. Sangat disarankan untuk pengguna notebook yang kecil, agar ruang bacanya lebih luas.
Web browser yang kompatibel dengan Sistem Operasi Microsoft Windows dan lebih kompatibel dengan JavaScript web programming ini memiliki beberapa keunggulan dan kelemahan, diantaranya :
Kelemahan Google Chrome :
  • PRIVASI : Google menyimpan 2% data pencarian pengguna, lengkap dengan alamat IP-nya. Walaupun dalam beberapa waktu tertentu data ini akan dianonimkan. Ini artinya google bisa saja tahu “siapa mencari apa dan dimana”
  • LISENSI : Google sempat mencantumkan pada Terms of Service mereka, bahwa semua muatan dari pengguna yang hak ciptanya dimiliki oleh pengguna akan diserahkan haknya pada Google. Tapi point ini telah dicabut oleh pihak Google.
  • CELAH KEAMANAN : Beberapa pakar security menemukan adanya lubang kecil/bugs pada chrome. Sehingga ketika membuka suatu halaman website akan membuat browser ini menjadi crash. Lalu Chrome juga memiliki feature Download Otomatis yang dikhawatirkan akan disalah gunakan oleh Hacker
  • EXTENSIONS : Pada Chrome tidak terdapat extension/plugin/addons yang dapat ditambahkan. Tidak seperti Firefox yang memiliki banyak aplikasi2 tambahan yang dapat membuat dan meningkatkan kinerja browser.
  • BAHASA : Pada chrome ketika kita memilih untuk menggunakan dalam bahasa Indonesia maka akan terdapat beberapa kejanggalan dalam bahasanya.
Kelebihan Google Chrome :
  • TAMPILAN : Pada Interface dari Chrome terlihat bahawa google ingin para penggunanya lebih fokus pada web dan melupakan browser yang digunakan. Ini atinya Google Chrome memilii tampilan yang tidak mengusik dan nyaman ketika sedang digunakan
  • MODUS PENYAMARAN : Pada modus ini memungkinkan para penggunanya dapat mengakses website tanpa meninggalkan jejak.
  • APLIKASI WEB : Google memberikan opsi “Make Application Shortcut” . Dengan feature ini sebuah aplikasi web seperti GMAIL atau Google Teader dapat dijalankan lewat shrtcut pada Desktop atau Start Menu. Sehingga kelihatan seperti sebuah aplikasi lokal
  • PENGELOLAAN MEMORY : Pada setiap TAB yang dibuka di Chrome memiliki proses yang terpisah, sehingga ketika eror/crash pada salah satu tab tidak akan meyebabkan seluruh browser eror. (ini kekurangan yang terdapat pada FireFox dan browser lainnya)
  • PENCARIAN : Chrome memiliki fungsi pencarian yang sangat baik. Contohnya, chrome dapat mendeteksi ketika pengguna pernah melakukan pencarian di suatu website dan memasukkan website tersebut dalam daftar penyedia pencarian.
  • ANTI PENIPUAN : Chrome menyediakan kemampuan menebalkan nama domain sebuah website. Contohnya ada sebuah website penipuan beralamatkan ibank.klikbca.d60pc.com, maka d60pc.com akan ditebalkan sehingga akan diharapkan para pengguna sadar bawah itu bukan situs/website resmi KlikBCA
Chrome juga memiliki beberapa penampilan yang berbeda dari Internet Explorer dan Firefox, seperti penempatan tab di posisi teratas jendela browser. Perbedaan yang dibuat oleh Google sebenarnya bagus, hanya saja ketika user membuka 40 hingga 50 tab dalam satu browser, maka loading browser Chrome tampak melambat dan membuat aplikasi lain di komputer juga menjadi lambat. Hal inilah yang mungkin telah dilupakan Google mengenai dampak JavaScript.
Satu sisi kelebihan Chrome, yakni memudahkan user untuk mendiagnosa masalah dengan menghilangkan plugin dengan mudah, dan user dapat mengetahui halaman web mana yang mengkonsumsi power paling banyak. Jika Firefox 3 menghabiskan 95% waktu CPU ketika memainkan video YouTube dengan system Windows XP, maka Chrome menggunakan 60% power CPU, lebih sedikit namun masih tetap boros energi.
Chrome akan menjalankan Flash dan gambar terberat sekalipun, namun paling cepat di antara browser lainnya, yakni dengan waktu sekitar 12 detik, dan power CPU 40%. Sedangkan Firefox dalam waktu 17 detik, CPU 50%. Untuk IE menghabiskan waktu 13 detik dengan load CPU 50%. Walaupun Chrome sedikit lebih baik di antara browser lainnya, namun pada prakteknya Chrome masih kurang berguna karena tidak adanya fitur tambahan program add-on seperti Flashblock yang dapat mengatur dan memblokir jalnnya Flash, agar browser tidak menjadi lambat dan tidak boros power komputer.
Opera
Browser yang satu ini menjadi saingan Mozilla Firefox dan Internet Explorer, tampilannya terlihat cukup canggih dan modern.Web browser yang memiliki konten khusus yang dapat dijalankan di handphone yang berbasis Java dengan nama OperaMini tersebut juga memiliki Preference yang lumayan banyak dan bisa diatur dengan mudah. Fitur Tabs misalnya, jauh lebih unggul dibandingkan Mozilla dan apalagi Internet Explorer. Kita bisa mengeset situs-situs yang paling sering kita kunjungi, seperti layaknya menu favorit di IE atau FF, namun dengan tampilan situs favorit tersebut.
Web browser yang kompatibel dengan Microsoft Windows dan Mac OS serta kompatibel dengan PHP dan Java web programming tersebut juga memiliki beberapa keunggulan, diantaranya :
1. Paling cepat mengunduh dalam beberapa uji coba.
2. Lisensi gratis untuk versi iklan atau US$ 39 untuk versi tanpa iklan.
3. Dilengkapi prangkat untuk memblokir iklan pop up.
4. Bisa mencegah virus pengintip data masuk.
5. Halaman baru dibuka tanpa jendela baru.
6. Opera 8 dilengkapi dengan perintah ganti halaman atau mengubah ukuran jendela dengan suara, cukup pasang mikrofon dan aktifkan fasilitas ini.
7. Gampang mengubah tampilan.
8. Pembuka e-mail menyatu.
Disamping kelebihannya, Opera juga masih memiliki kekurangan diantaranya sering terjadi masalah dalam mengakses situs-situs tertentu seperti blogger misalnya. Supported yang disertakannya masih memiliki kekurangan, sehingga sering terjadi error / not completed result, didalam mengakses situs-situs tertentu.

Web
Browser
Anda pastinya tahu ada banyak web browser di dunia ini, masing-masing dari web browser ini memiliki ciri khas. Nah berikuti ini akan dibahas mengenai kelebihan dan kekurangan masing2 web browser tersebut.
Kelebihan dan Kelemahan Web browser:
1. Internet Explorer
Kelebihan:
* Menyediakan add ons, walaupun tidak sebanyak Firefox

* Khusus IE8, tampilannya lebih elegan dan menarik

* Bagi pengguna Windows Live maka akan di manjakan dengan tab bookmark yang terhubung ke fitur-fitur milik Windows Live
Kekurangan:
* Gagal membaca script dibeberapa halaman situs (khususnya CSS)
* Berat saat awal start dan saat membuka tab baru
Browser ini kurang bandel. Saya jarang pake IE8 karena pernah terkena virus saat browsing pakai ini. “IE sebagai penguasa pasar web browser memang menjadi target utama serangan para hacker” .

2. Mozzila Firefox
Kelebihan:
* Banyak fitur tambahan (add ons), ibarat kepingan puzzle, add ons ini bisa dibongkar pasang sesuai dengan kebutuhan user

* Bandel, cocok untuk membuka situs-situs multimedia

* Updatenya mudah
* Sistem security kuat
Kekurangan:
* Loading lama saat mulai start, apalagi jika banyak adds-on yang terinstall
Membuka situs-situs multimedia seperti Youtube dan Metacafe memang lebih cocok memakai Firefox. Download managernya juga lebih oke karena masih bekerja ketika browser ditutup , apalagi buat yang suka download file-file besar.
3. Google Chrome
Kelebihan:
* Ringan dan gesit, termasuk ketika start pertama kali dan berpindah tab
* Desainnya simpel dan minimalis
* Updatenya mudah
* Sistem security kuat, saat ini menjadi browser yang paling tahan terhadap serangan hacker
Kekurangan:
* Statis, fiturnya kurang banyak
* Installnya harus online, Chrome tidak menyediakan file masternya, jadi kalau mau menginstall hanya diberi file lauchernya saja
Browser ini lebih cocok buat buka situs semacam berita yang banyak teks-nya . Seperti : KASKUS okezone , detik , dsb . Kalau buat yang lain masih mending firefox.
4. Opera
Kelebihan:
* Ringan

* Memiliki email client dan rss sendiri, jadi tidak perlu memakai email client lain seperti Outlook, Thunderbird dan lainnya

* Pemanggilan kembali Cache cepat
Kekurangan:
* Agak lambat dalam membaca script pada beberapa halaman situs :thubmdown
* Untuk meng-update-nya harus men-download kembali file masternya
5.FLOCK
Kelebihan:
1. Ada menu tersendiri(photo uploader) untuk upload foto ke situs layanan jaringan sosial misal : Facebook , Flickr , Twitter , Myspace .
2. Terintergrasi langsung dengan situ jejaring sosial
3. Update status Facebook langsung tanpa membuka website (tentunya harus sudah login), dan juga mengetahui update status teman melalui People Sidebar. Juga bisa terintegrasi dengan Flickr, Twitter, Youtube, MySapce dan Digg
4. Cek email melalui menu webmail
5. Posting artikel blog langsung tanpa masuk dashboard melalui menu Blog Editor. Terintegerasi dengan Blogger, Blogsome, LiveJournal, Typepad, wordpress, Xanga dan juga akun blog pribadi anda .
Kekurangan:
1. Flock membutuhkan resources yang lebih besar! Di beberapa komputer, memulai Flock untuk pertama kalinya akan memakan waktu agak lama (nggak selama itu kok gann
2. Skin Flock pun saat ini masih terbatas, tapi jangan khawatir, perkembangannya bakal sepesat Firefox kok !!
6. SAFARI
Kelebihan :
1. Fitur terbaru yang menarik adalah penerapan Nitro Engine. Dengan aplikasi ini browser bisa mengolah aplikasi-aplikasi web dengan lebih cepat karena Nitro Engine dapat mengeksekusi java script delapan kali lebih cepat dibanding dengan browser lainnya.
2. Safari dilengkapi juga dengan Cover Flow yang membuat tampilan bookmark dan history browser lebih nyaman.
3. Safari juga mendukung format modern web berbasis html 5 yang dapat mengumpulkan web-web favorit yang sering dibuka oleh pengguna dalam bentuk thumbnail, mirip dengan yang dimiliki oleh Opera.
Kekurangan :
1. Tampak aneh sebagai aplikasi Windows, jika anda pertama kali menggunakannya.
2. Tak ada fitur restore kalau Safari hang.
3. Adanya bug pada Safari telah diungkapkan pada bulan Mei lalu oleh peneliti keamanan, Nitesh Dhanjani. Bug pada Safari dapat berakibat attacker mampu untuk membuang desktop korban dengan eksekusi file executable (.exe), sebuah penyerangan yang dikenal dengan nama Carpet Bombing .
Saat ini banyak sekali contoh-contoh search Engine. Diantaranya google, bing, yahoo, ask, baidu, lycos, alltheweb, altavista dan masih banyak lagi. Namun saat ini yang paling besar dari semua mesin pencari tersebut adalah google. Google adalah sebuah mesin pencari fenomenal dia walaupun baru mengalahkan senior-seniornya dalam hal mesin pencarian.Kini hampir setiap hari orang menggunakan google untuk mencari web yang mereka inginkan. Google sudah menjadi web wajib yang harus dikunjungi setiap kali tersambung k internet. Tidak salah memang google yang merupakan kata dari salah penulisan kata googol yang berati sangat besar sekali, kini menjadi mesin pencari yang memang besar sekali.Google sendiri awalnya dibuat oleh dua mahasiswa hingga menjadi sedemikian besar sebagai suatu bisnis. Penemu sekaligus pemilik google kini menjadi orang kaya didunia. Mesin pencari lain yang tak besarnya adalah yahoo. Yahoo walaupun masih diabawah google dia lebih tua dari google. Yahoo selain mesin pencarinya juga sangat terkenal dengan layanan emailnya dan tentunya yahoo mesenger.Mesin pencari yang di miliki microsoft adalah mesin pencari bing yang saat ini menampilkan gambar-gambar alam yang begitu mengesankan sebagai daya tariknya untuk menyaingi google.Namun dari sekian banyak mesin pencari, google masih memimpin dan Google pula satu-satunya mesin pencari yang menggunan pagerank
Contoh beberapa search engine terkenal adalah : Altavista, Google, Excite, Northern Light, Hotbot, dan masih bayak lagi. Berbeda dengan web directory yang meng-index
Google Search Features
Sebagai rajanya search engine, Google sudah demikian akrab atau sudah menjadi sebuah tool wajib buat sebagian besar pengguna internet. Dengan Google search engine kita bisa mencari berbagai macam informasi dari informasi penting sampai informasi abal-abal Tapi mungkin sedikit yang mengetahui kalau kotak pencarian di Google search engine bisa digunakan untuk berbagai fungsi lainnya selain sebagai mesin pencari untuk mendapatkan informasi dari berbagai situs di internet (web search)
HotBot Search Engine
HotBot used to be one of the most complete search engines.HotBot digunakan untuk menjadi salah satu mesin pencari paling lengkap. Now it mainly provides a portal to other search engines. Sekarang terutama menyediakan portal ke mesin pencari lainnya.
Baidu
Mesin pencari ini fitur terbaik Cina umum mencerminkan perkataan "kekuatan dalam jumlah." Ketiga mesin pencari utama, Baidu's "tahu" fitur yang paling klasik, diketahui, Google dan Yahoo telah meluncurkan "Q" dan "sekolah Yahoo." operasi adalah penting dan "tahu" yang sama. Tapi Baidu "tahu" pertama kalinya on-line konten relatif lengkap, banyak pertanyaan yang harus dapat menemukan jawaban di atas.Dan klik pada "Google Q", langsung akan memasuki Akhir terkenal dari Forum Dunia "Akhir Dunia Q &" A, berharap untuk menggunakan sejumlah besar pengguna forum untuk mendapatkan jumlah informasi yang lebih besar.Yahoo penasihat sekolah adalah di antara tiga paling banyak, selain pengguna dari keraguan, popularitas baru-baru ini dari halaman rumah yang juga berisi dunia yang menarik, kehidupan pengetahuan, kalender, dan bahkan Taobao informasi penjualan.
Search engine adalah situs yang sering kita kunjungi.Saat kita ingin mencari suatu informasi kita pasti mengunjungi search engine.Search Engine atau situs mesin pencari yang paling dikenal saat ini adalah om Google.Tapi selain itu masih banyak lagi search engine yang ada di dunia.Saya akan menjelaskan beberapa diantaranya beserta keunggulannya.


Salah satu portal terbesar di Internet, selain MSN., dan juga salah satu mesin pencaru tertua. Halaman utamanya sendiri tidak terlalu ramah untuk pencarian, tetapi Yahoo! menyediakan search.yahoo.com untuk itu. Yahoo! menggunakan jasa Google untuk mencari informasi di web, ditambah dengan informasi dari databasenya sendiri. Kelebihan Yahoo! adalah direktorinya. Yahoo! juga menyediakan pencarian yellow pages dan peta, yang masih terbatas pada Amerika Serikat. Yahoo juga menyediakan pencarian gambar.



Keunggulan Alltheweb adalah pencarian file pada FTP Server. Tidak seperti web, FTP adalah teknologi internet yang ditujukan untuk menyimpan dan mendistribusikan file, biasanya program, audio atau video. Web sebenarnya lebih ditujukan untuk teks. Sejauh ini, hanya AllTheWeb yang menyediakan jasa pencarian file. 


Mesin pencari dari Microsoft Network ini menawarkan pencarian baik dengan kata kunci maupun dari direktori. Pemakai Internet Explorer kemungkinan besar sudah pernah menggunakan mesin pencari ini. Situs Searchenginewatch mencatat MSN sebagai mesin pencari ketiga populer setelah Google dan Yahoo! Tak ada pencarian image, atau news. Menyediakan pencarian peta, yellow pages, white pages, pencarian pekerjaan, rumah.

Situs mesin pencari yang satu ini mengunggulkan kemampuannya untuk memahami bahasa manusia. Pengguna bisa menggunakan kalimat lengkap, bukan kata kunci. Situs ini berguna untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan(misal: when did world war II end?).


Selain pencarian web, Google juga menyediakan jasa pencarian gambar, pencarian ?berita serta pencarian pada arsip USENET (newsgroup), serta direktori, seperti Yahoo! Kelemahannya terletak pada tidak tersedianya pencarian file, video, dan audio. Keunggulan Google terutama adalah pada pencarian teks, terutama dari algoritma PageRank, database-nya yang besar serta banyaknya jenis file yang diindeksnya.


Satu saat, AltaVista pernah menjadi mesin pencari terbesar. Saat ini, selain Alltheweb, Altavista juga menawarkan pencarian audio dan video. Keunggulan AltaVista adalah pilihan pencarian yang paling lengkap di antara semua mesin pencari.


Salah satu mesin pencari tertua. Saat ini Lycos lebih dikenal sebagai portal, sehingga fungsi pencarinya tidak terlalu menonjol. Lycos, selain mendukung pencarian web, juga menyediakan pencarian file MP3, dan video pada

Fungsi dan Macam-macam Search Engine Dunia

Search engine adalah sebuah database elektronis yang berisi jutaan hingga miliaran alamat-alamat situs dan informasi yang berserakan di jagad Internet ini. Cara penggunaan search engine adalah dengan mengetikkan kata kunci (keyword) yang hendak dicari dan setelah itu akan ditampilkan sejumlah link yang akan mengarahkan kita kepada situs atau informasi yang ada relevansinya dengan keyword yang kita masukkan. Dari sekian banyak pilihan search engine di Internet, berdasarkan hasil riset situs situs Searchenginesshowdown.com pada awal Maret 2002, terdapat tiga besar situs search engine yang tengah bersaing menduduki posisi teratas berdasarkan kriteria jumlah ketersediaan informasi, keunikan (ketidak-samaan) informasi yang tersedia di dalam database dan jumlah aktifitas peng-klik-an link informasi oleh pengguna dari yang ditawarkan oleh masing-masing search engine. Kedudukan tiga besar tersebut sementara ini , dipegang oleh situs Google.com pada posisi pertama, posisi kedua oleh situs Wisenut.com dan ketiga adalah situs Alltheweb.com. Jadi, fungsi search engine adalah untuk mencari alamat-alamat website yang berisi berbagai bentuk informasi seperti tulisan, gambar, video, dsb. dengan mudah dan cepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar